PROJEK SISTEM DESAIN BISNIS
PROPOSAL BISNIS
USAHA WARUNG ANGKRINGAN KEKINIAN
“BISMILLAH, MUDA BERKARYA”
Dosen Pengampu : Drs. Koerniawan Hidajat, M.Si
Oleh :
Sobiroh Wanti Rokhimah
1836010036
ILMU ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS EKONOMI & BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Angkringan banyak dijumpai di daerah Jawa tengah tepatnya Jogja, Semarang, Solo. Tapi sekarang telah merambah ke kota besar seperti Jakarta. Hingga kini siapapun yang pernah atau sedang tinggal di Jakarta pasti sempat mengunjungi warung yang biasanya mulai beroperasi dari sore hingga dini hari.
Tempat kuliner merakyat ini mudah ditemukan karena posisinya yang lebih banyak berada di pinggir jalan. Angkringan sering menjadi tempat tongkrongan anak muda, untuk berkumpul bersama menuangkan ide, atau bertukar pikiran dalam menghabiskan waktu malamnya bersama teman-teman.
Biasanya angkringan yang banyak terlihat saat ini berupa sebuah gerobak dorong yang dilengkapi dengan terpal dan beberapa kursi bagi pelanggan. Peluang bisnis ini diprediksi akan selalu dicari banyak orang dan akan selalu berkembang serta inovasi baru, seperti tradisional ke modern. Kini warung angkringan semakin kesini semakin modern, ada yang bentuknya mirip kafe, sehingga tidak lepas dari perkembangan zaman.
Peluang bisnis warung angkringan kekinian yang ada, akan saya manfaatkan dengan membuka warung angkringan kekinian. Saya akan memberikan nama kepada warung angkringan kekinian yaitu Angkringan Muda Berkarya. Pemilihan nama tersebut karena kini angkringan menjadi salah satu tempat yang digemari oleh pemuda. Dari nama tersebut bisa memotivasi pelanggan agar terus berkarya meskipun usia tidak lagi muda, tapi jiwa-jiwanya seperti anak muda yang tetap terus berkarya.
Konsep dari warung angkringan kekinian yang akan saya bangun yaitu berbentuk seperti kafe tapi didalamnya tersedia gerobak yang pada umumnya seperti warung angkringan biasa. Penyediaan kamar mandi, dan free WiFi menjadi konsep yang bisa memfasilitasi pelanggan anak muda untuk berkumpul. Apalagi jika mereka akan melakukan sebuah projek, dengan kata lain berkarya. Jadi nanti setiap pelanggan yang datang berhak memilih, 2 pilihan yang tersedia yaitu study dan hang out. Bila untuk study maka akan disediakan fasilitas WiFi. Jika tujuannya untuk hang out sebaliknya, hal ini dilakukan karena bagi yang hang out, mereka rata-rata bertujuan untuk berkumpul, bercengkrama dalam meningkatkan solidaritas. Akan lebih baik telepon genggam yang dimilikinya disimpan terlebih dahulu.
Maka dari itu pelanggan yang datang bisa dari berbagai kalangan, dan juga tidak hanya sekedar mengambil keuntungan saja. Tapi juga memberikan manfaat bagi orang orang yang sedang menempuh pendidikan. Apalagi turut serta untuk memajukan pendidikan bangsa Indonesia.
1.2 Visi dan Misi Bisnis
Visi : Dengan berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah subnahu wa ta'ala Warung Angkringan Kekinian Bismillah, Muda Berkarya menjadi salah satu perusahaan dibidang kuliner yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia serta turut aktif dalam pendidikan bangsa Indonesia.
Misi : 1. Memuaskan konsumen dengan turut serta memajukan
pendidikan bangsa Indonesia.
2. Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
3. Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran masyarakat sekitar.
1.3 Tujuan Didirikan Perusahaan
1. Mencari keuntungan atau laba yang maksimal.
2. Memajukan pendidikan bangsa Indonesia.
2. Mencapai target penjualan yang diharapkan.
3. Membangun bisnis yang berkelanjutan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil Perusahaan
Jenis usaha : Warung Angkringan Kekinian.
Nama perusahaan : Angkringan Bismillah Muda Berkarya.
Lokasi : Lingkungan dekat rumah. Tempatnya strategis terletak di pinggir jalan dan merupakan tempat yang biasanya di gunakan ngumpul anak-anak muda. Warung nasi kucing/Angkringan ini berupa kafe terbuka dan tertutup sederhana. Untuk masakan dimasak di rumah, kemudian dibawa ke warung dan tempat cuci piring/ gelas pun tersedia.
Tempat : Nyaman, bersih dan nuansa muda yang memotivasi dalam berkarya.
Operasi Usaha : pukul 15.00 s.d 00.00.
2.2 Jenis jenis Perizinan
Perizinan sangat penting dalam membuka suatu usaha baru. Karena dengan adanya perizinan, maka pengusaha berhak membuka usahanya secara legal dan diakui oleh pemerintah daerah setempat. Berikut jenis-jenis surat perizinan:
1. Surat permohonan
2. Fotokopi KTP pemohon
3. Fotokopi IMB sesuai perusahaan
4. Fotokopi tanda lunas PBB terakhir
5. Fotokopi akta pendirian perusahaan
6. Fotokopi sertifikat tanah
7. Surat keterangan domisili perusahaan dan keterangan yang diketahui camat setempat
8. Berita acara pemeriksaan
2.3 Kelebihan dan kelemahan
Kelebihan :
Menu bisa disajikan dengan dibakar atau digoreng.
Terdapat fasilitas kamar mandi, wastafel dan free WiFi.
Bisa duduk di kursi atau lesehan
Kekurangan :
Produk tidak menerima pesan antar.
2.4 Produk Perusahaan
Makanan :
Nasi tempe
Nasi teri
Tahu/ Tempe bacem
Sate telur puyuh
Sate kikil
Sate kerang
Sate usus
Sate ati ampela
Sate sosis
Sate baso
Sate kulit ayam
Sate pempek
Sate otak-otak
Ayam kepala/ sayap/ ceker
Pisang keju bakar
Roti bakar
Goreng-gorengan.
Pelengkap makanan :
1. Sambal goreng
2. Sambal cabe ijo
3. Sambal terasi
4. Sambal rujak
Minuman hangat :
Teh
Susu
Wedang jahe
Kopi
Jeruk
Harga : Kisaran Rp 3.000–Rp 10.000 /pcs.
2.5 Rancang Bangun Fisik Angkringan Bismillah Muda Berkarya
Desain angkringan pada umumnya
Ini konsep desain angkringan Bismillah Muda Berkarya.
2.6 Metode Pemasaran
Untuk memasarkan Angkringan Bismillah Muda Berkarya dengan memberikan informasi kepada masyarakat melalui Brosur, Poster/Pamflet di Media Sosial, dari mulut ke mulut, baik menyangkut produk, manajemen dan sebagainya, yang membuat memiliki citra (brand) baik terhadap perusahaan. Serta melakukan survei harga dipasaran dan menetapkan harga sesuai dengan pasaran.
2.6 Analisis Pasar
2.6.1 Segmentasi Pasar
Angkringan Bismillah Muda Berkarya segmentasi pasar ke seluruh kalangan, baik itu menengah ke bawah atau menengah ke atas dan berlaku untuk semua kalangan usia.
2.6.2 Target Pasar
Target pasar untuk usaha Angkringan Bismillah Muda Berkarya adalah semua usia.
2.6.3 Positioning Pasar
Memberikan kepuasan kepada para pembelinya karena harganya yang relatif murah dan tempatnya nyaman untuk belajar atau mengerjakan tugas bagi para pembelajar.
2.7 Rencana Pengembangan Usaha
2.7.1 Strategi pemasaran : mengenali konsumen, melakukan promosi, memilih lokasi yang strategis, menggunakan internet marketing, dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.
2.7.2 Strategi produksi : adanya kualitas dari proses produksi yang menghasilkan produk yang memuaskan.
2.7.3 Strategi organisasi dan sdm : pendekatan strategi pengelolaan karyawan yang komprehensif untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, mengembangkan dan mengalokasikan sdm yang bertalenta untuk membantu kegiatan pencapaian kinerja terbaik.
2.7.4 Strategi keuangan : membuat laporan arus kas, menghindari uang yang tersimpan di karyawan, melakukan cek struk secara berkala, dan membuat pembukuan yang rapih.
2.8 Analisis Resiko Usaha
– Dampak produksi dan teknologi
– Dampak organisasi dan sdm
– Adanya penipuan, kurang kepercayaan dari konsumen
– Penerapan strategi pemasaran yang berkala
– Pemilihan produk yang berkualitas
– Strategi produksi yang tepat
2.9 Analisis Keuangan
2.9.1 Modal
Fixed Cost >> Aktiva Tetap Perlengkapan/Peralatan = Rp 10.500.000
Variabel Cost >> Biaya Operasional = Rp 9.000.000/bulan
Biaya Lain-lain = Rp 1.000.000/bulan
Total biaya = Rp 20.500.000
2.9.2 Harga Jual
Makanan :
Nasi tempe 10 pcs @Rp4.000 = Rp40.000
Nasi teri 10 pcs @Rp4.000 = Rp40.000
Tahu/Tempe bacem 10 pcs @Rp3.000 = Rp30.000
10 jenis sate-sate an >>
telur puyuh, kikil, kerang, usus, ati ampela, sosis, baso, kulit ayam, pempek, otak-otak
1 jenis = 10 pcs @ Rp3.000
Total >> Rp30.000*10= Rp300.000
Ayam kepala/ sayap/ ceker 10 pcs @ Rp5.000 = Rp50.000
Pisang keju bakar 5 pcs @ Rp10.000 = Rp50.000
Roti bakar 5 pcs @ Rp10.000 = Rp50.000
Goreng-gorengan 15 pcs @ Rp2.000 = Rp30.000
Jumlah perbulan unit yang dijual >> 165 pcs * 30 = 4.950 pcs/bulan
Jumlah perbulan makanan >> Rp540.000*30 = Rp16.200.000/bulan
Rata rata harga jual/unit = Rp3.500
Minuman Hangat/Dingin :
Teh 20 gelas @Rp5.000 = Rp100.000
Susu 10 gelas @Rp5.000 = Rp50.000
Wedang jahe 15 gelas @Rp5.000 = Rp75.000
Kopi 15 gelas @Rp5.000 = Rp75.000
Jeruk 15 gelas @Rp5.000 = Rp75.000
Jumlah perbulan unit yang dijual >> 75 gelas*30 = 2.250 gelas/bulan
Jumlah perbulan minuman >> Rp375.000*30 = Rp11.250.000/bulan
Rata rata harga jual/unit = Rp5.000
2.9.3 Pendapatan
Yang diinginkan, total penjualan makanan & minuman per bulan
>> Rp16.200.000 + Rp11.250.000 = Rp27.450.000/bulan
2.9.4 Keuntungan Bersih
Total penjualan perbulan — Total Biaya
>> Rp27.450.000 — Rp20.500.000 = Rp6.950.000
2.9.5 Perhitungan BEP
Fixed Cost = Rp 10.500.000
Variabel Cost = Rp 9.000.000/bulan
Biaya Lain-lain = Rp 1.000.000/bulan
Total biaya = Rp 20.500.000
Total unit = 7.200 pcs/bulan
3.500+5.000 = 8.500/unit
BEP/unit = Biaya Tetap / (Harga Per Unit – Biaya Variabel Per Unit)
>> 10.500.000/ (8.500 – 1.250) = 10.500.000/7.250 = 2.059 unit
BEP rupiah =
Biaya Tetap / (Harga Jual – Biaya Variabel Per Unit) / Harga Per Unit
>> 10.500.000 / (27.450.000–10.000.000)/27.450.000
= 10.500.000/ 0,6 = 17.500.000
Untuk mencapai BEP, penjualan selama sebulan harus menjual 2.059 unit.
3.0 Peta Empati Angkringan Bismillah Muda Berkarya
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Warung angkringan Bismillah Muda Berkarya sangat mendukung bagi para pelajar atau pembelajar seperti mahasiswa yang akan mengerjakan menyelesaikan tugasnya. Sehingga tidak perlu repot atau bingung mencari tempat yang enak dan nyaman untuk mengerjakan tugas karena di warung angkringan Bismillah Muda Berkarya mendukung terhadap dunia pendidikan.
Menu yang akan disajikan di dalam warung angkringan Bismillah Muda Berkarya adalah nasi tempe, nasi teri, dan untuk menemani menyantap nasi kucing disediakan juga aneka macam gorengan seperti mendoan/tempe goreng, tahu isi, bakwan, tape goreng, pisang goreng, tape goreng, sate usus, sate telur, sayap ayam, ceker ayam yang di bumbu bacem sebagai menu andalan produk warung angkringan . Minuman yang disediakan juga beragam, seperti teh panas/ teh anget, es teh, kopi/ es kopi, susu /es susu, jeruk panas/ jeruk anget, es jeruk, wedhang jahe, susu jahe/ es susu jahe.
Untuk memasarkan Angkringan Bismillah Muda Berkarya, dengan memberi informasi kepada masyarakat dari mulut ke mulut, baik menyangkut produk, manajemen dan sebagainya, yang membuat memiliki citra (image) baik terhadap perusahaan. Selain itu juga melakukan survei harga dipasaran dan menetapkan harga sesuai dengan pasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar